Para Pemimpin LAZ Siap Menjalani Sertifikasi Amil


29 November 2017 oleh Administrator

Foto : Red : Gita Amanda

YOGYAKARTA -- Dalam paparannya di acara CEO LAZ Forum yang diadakan oleh Sekolah Amil Indonesia (SAI) bersama Forum Zakat, ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Sumarna F Abdurahman mengungkapkan kebanggaannya menghadiri acara ini karena sudah ada standar kompetensinya.

"Saya cukup kaget karena baru kali ini saat memberikan ceramah tentang sertifikasi, diawali dengan penyerahan standar kompetensi. Ini menandakan keseriusan dan kesiapan. InsyaAllah, semua ini akan memudahkan kerja BNSP", ujar Sumarna.

Untuk standar kompetensi yang digunakan oleh Forum Zakat menurutnya adalah Standar Khusus yang dikembangkan dan digunakan oleh organisasi untuk memenuhi tujuan internal. Namun tidak menutup kemungkinan untuk dinaikkan menjadi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang berlaku nasional.

Berbeda dengan ijazah yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan, sertifkasi yang dikelurkan oleh BNSP merupakan pengakuan dari keterampilan perorangan yang dibatasi waktu dan untuk ke level yang lebih tinggi, keterampilan tersebut harus dipraktekan.

Acara CEO LAZ Forum yang diadakan oleh SAI dan Forum Zakat, merupakan bagian dari proses pelatihan menuju sertifikasi amil zakat yang yang ditujukan untuk para pimpinan lembaga zakat. Sertifikasi ini akan didorong forum zakat tidak hanya sebagai formalitas. Tapi harus menjadi pendorong peningkatan standar kerja dan pelayanan amil zakat. Agar publik baik muzakki maupun mustahik akan merasakan layanan yang semakin baik.

Sumber : Republika.co.id